Minggu, 18 Januari 2015

Apa Itu Radang Paru-Paru

 Apa Itu Radang Paru-Paru?

Radang paru-paru merupakan salah satu penyakit yang memiliki jumlah penderita yang terus meningkat. Penyakit ini menyerang organ pernafasan yaitu paru-paru. Dimana meradangnya organ pulmonary alveolus (alveoli) yang bertanggung jawab menyerap oksigen dari atmosfir terisi air akibat dari mengalami peradangan. Penyakit radang paru-paru disebabkan oleh adanya infeksi virus,bakteri,jamur serta parasif yang masuk ketika kita bernafas.Bukan hanya itu saja radang paru-paru juga bisa disebabkan oleh adanya paparan zat kimia,cedera jasmani atau karena adanya penyakit lainnya seperti kanker paru-paru dan yang lainnya.

Berikuit ini adalah beberapa gejala umum dari penyakit radang paru-paru :
  • Batuk berdahak (dahaknya seperti lendir, kehijauan seperti nanah)
  • Nyeri dada (bisa tajam atau tumpul dan bertambah hebat jika si penderita menarik napas dalam atau berbatuk)
  • Menggigil
  • Demam
  • Mudah merasa lelah
  • Sesak nafas
  • Sakit kepala
  • Nafsu makan berkurang
  • Mual dan muntah
  • Merasa tidak enak badan
  • Kekakuan sendi dan otot
Faktor Resiko Radang Paru-Paru

Radang paru-paru terjadi bila didukung kekuatan kuman, daya tahan tubuh, dan kondisi lingkungan. Beberapa faktor dapat memudahkan terjadinya radang paru-paru atau disebut faktor risiko, yaitu :

1. Usia : balita dan orang tua (usia > 65 tahun) lebih rentan terkena radang paru-paru karena lebih mudah terjadi aspirasi, yaitu benda kecil/cairan dari saluran cerna masuk ke saluran napas.

2. Tinggal di panti jompo/panti perawatan.

3. Pecandu alkohol. Alkohol dapat mengganggu refleks batuk, mengganggu pengeluaran debu dan kotoran oleh lendir dan bulu-bulu getar saluran pernapasan, dan gangguan daya tahan tubuh.

4. Keadaan gangguan nutrisi : menurunkan antibodi dan fungsi sel darah putih untuk membunuh kuman.

5. Merokok : menyebabkan menurunnya daya tahan tubuh dan gangguan pengeluaran debu dan kotoran oleh lendir dan bulu-bulu getar saluran pernapasan.

6. Keadaan di mana kesadaran seseorang menurun, misalnya dalam keadaan koma yang menyebabkan benda kecil/ cairan dari saluran cerna masuk ke saluran pernapasan.

7. Adanya penyakit kencing manis, penyakit paru-paru atau jantung, dan penyakit saraf yang diderita.

8. Infeksi saluran nafas atas yang diderita sebelumnya : kurang lebih sepertiga hingga setengah kasus radang paru-paru didahului infeksi saluran pernapasan atas.

Baca juga artikel lainya Obat Tradisional Radang Paru-Paru

1 komentar:

  1. Ini penyakit yang cukup berbahaya, bila terjadi gejala sebaiknya segera ditangani daripada menimbulkan kondisi yang lebih buruk bila dibiarkan..

    http://cv-pengobatan.com/pengobatan-alami-radang-paru-paru/

    BalasHapus